Perangkat Lunak Akses Internet

Perangkat lunak akses internet

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer server. 
Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dan lain-lain.
Macam Macam Browser Kelebihan/Kekurangan Situs Web Browser Engine – Jika Sering main internet seharusnya Anda tahu Web Browser. Anda bisa nyasar ke blog ini mungkin juga karena menggunakan Web Browser. Mari kita kenal macam macam Web Browser yang ada di Internet.
Di internet banyak sekali betebaran macam-macam web browser. Dan tentu saja masing-masing Web Browser memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini sebagian Web Browser yang salah satunya pasti sering Anda pakai :

Mozilla Firefox
Web Browser Mozilla Firefox dibuat oleh mozilla corporation, Mozilla firefox adalah salah satu dari web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Web Browser merupakan salah satu dari macam macam Web Browser yang handal karena didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Kelebihan dan Kekurangan Firefox
Plus minus/ Kelebihan Web Browser Mozilla Firefox:
Memiliki banyak fitur tambahan (add ons), add ons ini bisa dibongkar atau pasang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user, Bandel sehingga sangat cocok untuk membuka situs-situs bertipe multimedia, Updatenya mudah, Memiliki Sistem security /keamanan yang sangat kuat.
Kekurangan Web Browser Mozilla Firefox :
Kadang loadingnya cukup lama saat mulai start awal, terlebih lagi jika banyak adds-on yang terinstall.
Web Browser Internet Exporer
Internet Exporer besutan Microsoft Corporation. Sering di kenal singkatan IE. Sejak tahun 1995 Internet Exporer mulai di masukkan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows
Kelebihan dan Kekurangan Web Browser Internet Explorer
Juga menyediakan fitur add ons, untuk pengguna Windows Live pengguna akan di manjakan dengan tersedianya tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.
Kekurangan Web Browser Internet Explorer :
Adakalanya tidak bisa/gagal dalam membaca script yang ada dibeberapa halaman situs (khususnya CSS), Seringkali berat pada saat awal start atau saat pengguna sedang membuka tab baru.
Web Browser Safari
Safari dDibuat oleh Apple Inc, yaitu sebuah perusahaan yang juga banyak memproduksi komputer Macintosh, iPod, serta iPhone. Safari dibangun dengan browser engine WebKit.
Kelebihan Web Browser Safari : lebih cepat, memiliki tampilan browser yang simple.
Kekurangan Web Browser Safari : tidak tersedianya plug in pada versi windows.
Web Browser Google Chrome
Google Chrome mulai diliris pada tanggal 2 September 2008 yang lalu.
Kelebihan Web Browser Google Chrome:
Memiliki kemampuan browsing yang lumayan cepat, secara otomatis dapat membookmark situs situs yang pernah dibuka sebelumnya selain histori, halaman yang sering dikunjungi, salah satu keunggulan browser addressnya karena dapat berfungsi sebagai search engine, memiliki fitur Google Chrome diantaranya mendukung flash dan java (terintegrasi), penggunaan memori tab yang terpisah, mendukung Bahasa Indonesia
Kekurangan Web Browser Google Chrome:
Masih terlalu banyak security holenya sehingga tidak disarankan untuk pakai bertransaksi keuangan, penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista, makin banyak tab baru dibuka, maka butuh lebih banyak memori saat browsing.
Web Browser Opera
Kelebihan Web Browser Opera :
Tersedianya email client serta rss sendiri, jadi pengguna tidak perlu lagi menggunakan email client lain seperti Outlook atau Thunderbird, pemanggilan ulang Cache cukup cepat
Kekurangan Web Browser Opera :
Seringkali agak lambat saat membaca script pada beberapa halaman situs, untuk mengupdatenya pengguna Opera harus mendownload kembali file masternya.
Bagian utama web browser
  1. Status Bar
    Status Bar berfungsi untuk menampilkan informasi proses yang anda lakukan, biasanya menampilkan status transfer data atau menampilkan alamat url yang akan dituju ketika anda menunjuk pada sebuah link. Status Bar kebanayakan berada di bagian bawah web browser.
  2. Address Bar
    Addres Bar berfungsi untuk memasukkan URL/ alamat domain yang akan kita akses.
  3. Title Bar
    Title bar berfungsi untuk menampilkan title dari suatu halaman website
  4. Toolbar
    Toolbar berfungsi untuk menampilkan icon – icon yang sering kita gunakan, misal icon back, foward, borkmark dan lain-lain
  5. Display Windows
    Display windows adalah ruang kerja browser berfungsi untuk menampilkan informasi yang diberikan oleh server web
  6. Scroll Bar
    Scroll Bar akan aktif ketika lebar dari halaman browser melebihi hight resolusi dari monitor kita sehingga kita dapat melihat halaman secara utuh

Berikut ini fungsi dari icon-icon pada standard button web browser:

Seperti juga sistem pos, Internet juga sangat bergantung pada sistem pengalamatan. Setiap komputer di Internet memiliki satu alamat unik (yang tidak dimiliki oleh komputer lain), alamat ini berupa alamat numerik yang disebut sebagai alamat IP (IP Address). Alamat numerik ini dibagi dalam empat bagian, untuk lebih jelasnya amati contoh berikut :
Contoh 1:  192.105.232.4
“192” menunjukkan daerah geografis
“105” menunjukkan organisasi atau perusahaan
“232” menunjukkan grup komputer
“4” menunjukkan komputer yang dituju.
Setiap paket yang dikirimkan oleh TCP/IP berisi alamat IP komputer pengirim dan alamat IP komputer penerima. Berdasarkan alamat-alamat IP ini, komputer router akan mengirimkan paket-paket ini melewati Internet sampai kepada komputer tujuan.
Penggunaan IP Address ternyata tidak semudah yang dibayangkan, alamat numerik ini lebih sulit untuk dihafalkan dan digunakan. Untuk itu, digunakan alternatif penamaan dengan text/huruf. Nama text untuk sebuah alamat IP disebut sebagai domain name (nama domain). Untuk lebih jelasnya dapat diikuti penjelasan pada bagian domain name.

Pengertian Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer”>jaringan komputer ataupun internet.
Sebagai contoh nama domain google.com mewakili lusinan alamat IP. Domain merupakan nama unik/alamat untuk website kita, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain.
Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.
Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”.
Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL (uniform resource locator), atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.
Ada beberapa istilah-istilah lain yang berhubungan dengan nama domain, seperti Top Level Domain, Sub Domain, Add-On Domain, Parked Domain dan Domain Redirect. Memahami arti istilah-istilah tersebut bisa membantu kita ketika ngeblog dan ingin memiliki domain sendiri. Berikut adalah pengertian dari masing-masing istilah tersebut:

Pengertian Tingkatan Tertinggi Domain / Top Level Domain (TLD)

TLD merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengindikasikan pemilik Tingkatan Tertinggi Domain tersebut dan jenis domain tersebut. Domain seperti ini terbatas, beberapa contohnya adalah:
.gov – Government agencies (Pemerintah)
.edu – Educational institutions (Institusi pendidikan)
.org – Organizations (Organisasi nonprofit)
.mil – Military (Militer)
.com – commercial business (Organisasi Profit/Komersil)
.net – Network organizations (Organisasi Network)
.ca – Canada (Negara Kanada)
.tv – Television (Televisi)
Karena Internet didasarkan pada alamat IP, bukan nama domain, maka setiap Web server membutuhkan server sistem nama domain / Domain Name System (DNS) untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Domain dengan sendirinya hanya berupa alamat web. Karena itu agar domain dapat berfungsi sebagai alamat email atau website, maka dibutuhkan hosting untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Domain Redirect

Pengertian Domain Redirect – atau disebut juga URL Redirect adalah meneruskan (forward) dari satu alamat nama domain ke alamat nama domain lain, sehingga alamat URL nama domain yang diredirect akan berubah ke nama domain tersebut.
Contoh: coba buka http://goblogmonetize.blogspot.com/” target=”_blank”>http://smpn1sawangan.blogspot.com akan di-Redirect ke http://bloggerpemula.info/” target=”_blank”>http://smpn1sawangan.co.cc, dan nama domain awal yang diredirect tersebut tidak terlihat lagi.

SubDomain

Pengertian Subdomain adalah nama domain tambahan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari nama domain utama.
Contoh subdomain misalnya goblogmonetize pada http://smpn1sawangan.blogspot.com yang berarti smpn1sawangan merupakan subdomain dari nama domain blogspot.com.
Atau bila kita memiliki domain utama namakita.com, dan  kita menginstall wordpress.org di direktori namakita.com/blog/ maka kita bisa mengubah direktori blog tadi menjadi sub domain dengan menambahkannya sebagai subdomain di cPanel hosting kita menjadi blog.namakita.com, sehingga alamat URL-nya adalah http://blog.namakita.com atau http://namakita.com/blog/. Dan ini gratis, tanpa ada tambahan biaya domain lain.

Add-On Domain

Pengertian Add-on Domain adalah nama domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah nama domain utama.
Misalnya kita mempunyai sebuah alamat website: namakita.com, kita bisa Add-on bisniskita.com dan diarahkan untuk menampilkan apa yang ada di namakita.com/bisniskita/. Ketika http://bisniskita.com/index.html diakses dari Internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan, bisniskita.com akan tampil layaknya seperti nama domain biasa bagi pengunjung. Apa yang ditampilkan sebenarnya berada di namakita.com/bisniskita/index.html. Add-On Domain pun dengan sendirinya akan menjadi Subdomain dari domain utama tersebut, yaitu bisniskita.namakita.com.
Subdomain maupun Add-on domain tidak terpisah dari nama domain utama, sehingga saling berbagi (share) dengan domain utama dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwidth & cPanel. Kita tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan, semua diatur dalam satu cPanel Main account (cPanel namakita.com dalam contoh). Pembuatan FTP account & Email Account untuk bisniskita.com dapat dilakukan di cPanel namakita.com.
Kesimpulannya: Sub Domain dan Add-on Domain tidak mendapat cPanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan nama domain / account biasa.
Add-On Domain bisa diakses dengan 3 cara, dan untuk contoh di atas yaitu:
  1. http://bisniskita.com/ (Langsung)
  2. http://bisniskita.namakita.com/ (Sub Domain)
  3. http://namakita.com/bisniskita/ (Directory)
Dan umumnya cara 2 dan 3 secara otomatis menjadi domain redirect ke alamat utama (cara 1).

Parked Domain

Pengertian Parked Domain adalah nama domain lain yang tidak aktif yang diarahkan (domain redirect) ke nama domain utama untuk mendapatkan trafik (traffic) jumlah pengunjung yang sama pada satu situs atau blog yang sama. Misal nama domain bisniskita.com ingin kita parkir di domain utama kita yaitu namakita.com, maka bisniskita.com akan menampilkan apa yang ada di namakita.com dengan alamat URL yang tetap yaitu http://bisniskita.com. Hal ini yang membedakannya dengan Domain Redirect, dimana nama domain akan berubah ke nama domain tujuan. Dan kita tetap harus membayar biaya sewa masing-masing nama domain tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s